Rakor Pengawasan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih

DSC_3300

Cilacap, Bawaslu Jateng – Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2016 tentang perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2016 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2017, tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih akan dimulai 8 September sampai dengan 15 Februari 2017. Sebagai persiapan pengawasan tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih, Panwas Kabupaten Cilacap menyelenggarakan rapat koordinasi pengawasan pemutakhiran data dan daftar pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap tahun 2017, Rabu (24/8/2016).

Kegiatan rapat koordinasi pengawasan pemutakhiran data dan daftar pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap tahun 2017 dilaksanakan di Ruang Rapat Majethi Setda Kabupaten Cilacap menghadirkan narasumber dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Bawaslu Jateng) Teguh Purnomo, SH, MHum, MKn dan KPU Kabupaten Cilacap Akhmad Kholil, SH. Peserta rapat koordinasi adalah Ketua dan Anggota Panwascam se Kabupaten Cilacap.

Narasumber menyampaikan materi secara panel, yang didahului oleh Komisioner KPU Kabupaten Cilacap Akhmad Kholil dengan tema “Teknis Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih”. Selanjutnya penyampaian materi oleh Pimpinan Bawaslu Jateng Teguh Purnomo dengan tema “Pengawasan Pembentukan PPDP dan Pengawasan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih”.

“Terdapat hal baru dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017 yaitu pengawasan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Pengawasan dilakukan oleh pengawas pemilihan pada tingkat Desa, apabila belum terbentuk pengawas pemilihan ditingkat Desa/Kelurahan pengawasan dilakukan oleh pengawas pemilihan satu tingkat diatasnya yaitu pengawas pemilihan tingkat Kecamatan (Panwascam)” Papar Teguh Purnomo, Rabu (24/8/2016).

“Pengawas Pemilihan harus melakukan pengawasan terhadap proses mutarlih terutama penilaian terhadap kepatuhan pelaksanaan prosedur mutarlih antara lain coklit dan pelaksanaanya, pleno perbaikan/penetapan DPS dan DPT, pelaksanaan pengumuman, tindak lanjut atas masukan dan tanggapan serta penyampaian salinan DPS dan DPT”, tambah Teguh.

Kegiatan rapat koordinasi ini dipandu oleh Anggota Panwas Kabupaten Cilacap Bachtiar Hastiyarto. Usai pemaparan materi dari narasumber dilanjutkan dengan tanya jawab dan pada akhir sesi Ketua Panwas Kabupaten Cilacap Warsid menyampaikan materi tentang teknis pengawasan mutarlih dan alat kerja pengawasan pada setiap tahapan pemilihan.

Materi Rakor Pengawasan download disini

Penulis : Widiantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *